web page hit counter
Jumat, 18 Oktober 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Sinode III Keuskupan Sibolga: Saling Mendengarkan Menjadi Semangat Diskusi

5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.COM – Sinode Keuskupan Sibolga sudah memasuki hari ketiga, sejak dibuka secara resmi oleh Mgr. Fransiskus Tuaman Sasfo Sinaga, Uskup Sibolga, pada Selasa, 15 Oktober 2024 yang lalu di Paroki Kon-Katedral Bunda Para Bangsa Gunungsitoli.

Di hari pertama, sinode diisi dengan pendalaman tentang sinodalitas Gereja yang dibawakan oleh Pastor Yohanes Haryatmoko, SJ, dosen Universitas Katolik Sanata Dharma dan tentang Lima Pilar Gereja yang dibawakan oleh Pastor Alfonsus Veri Ara, dosen Teologi Dogmatik di Universitas Katolik St. Thomas Medan Fakultas Filsafat Pematangsiantar.

Seorang peserta, Mawar Halawa sedang menyampaikan pendapatnya dalam diskusi Sinode Keuskupan Sibolga.

Setelah peserta Sinode mendapat pendalaman materi, di hari kedua sidang Sinode dilanjutkan dengan diskusi bersama tentang masalah pokok yang dihadapi oleh Gereja Keuskupan Sibolga yang ada kaitannya dengan lima pilar Gereja, yakni Pewartaan, Liturgi, Pelayanan, Persekutuan dan Kesaksian.

Baca Juga Artikel:  Rumah Dehonian: Menjadi Ruang Perjumpaan

Dalam diskusi tersebut, setiap peserta dibagi ke dalam 10 kelompok. Masing-masing kelompok diberi satu bidang atau pilar Gereja. Mereka diminta mendiskusikan tentang masalah pokok yang ada di dalamnya dan mencari sebab kunci dari masalah yang ada. Selanjutnya setiap kelompok diberi kesempatan untuk memaparkan hasil diskusinya.

Dalam diskusi bersama, setiap peserta selalu diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Tidak jarang banyak waktu yang digunakan untuk membahas setiap hal yang dipresentasikan.

Para notulis, dari kiri ke kanan: Diakon Jonatan Samosir dan Pastor Bartolomeus Sihite

Sinode berlangsung dengan semangat saling mendengarkan satu dengan yang lain. Setiap hal, bahkan yang paling sepele sekalipun, selalu terbuka untuk dibahas bersama sampai seluruh proses Sinode berhasil menggapai strategi pastoral yang berguna bagi kemajuan dan perkembangan Gereja Keuskupan Sibolga.

Baca Juga Artikel:  Buka Sinode Ketiga, Uskup Sibolga, Mgr. Fransiskus Sinaga Ajak Umat Menjadi Pribadi yang Utuh

Hari ini adalah hari ketiga. Fokus kegiatan masih dalam proses diskusi bersama tentang masalah pastoral yang ada. Tidak ada desakan untuk mempersingkat diskusi karena setiap pendapat selalu dihargai dan dijadikan sebagai bagian dari proses bersinode.

Laporan Dedy Padang dari Gunungsitoli, Nias

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles