web page hit counter
Rabu, 23 Oktober 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Alumni Tarakanita Jadi Geosaintis Kenalkan Geosains dan Prospek Kariernya ke Siswa SMP

Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – Seorang alumni SMP Tarakanita Citra Raya, Tangerang Selatan, Brillian Cahyo Baskoro, yang kini sukses menjadi Geosaintis, kembali ke almamaternya untuk memberikan pengenalan tentang Geosains kepada siswa-siswi kelas VIII, Jumat (21/10).

Dalam acara Guru Tamu ini, Brillian tidak hanya menjelaskan tentang apa itu Geosains, tetapi juga membahas peluang karier di bidang tersebut, serta prospek industri pertambangan menuju net zero emission.

“Geosains itu tidak hanya tentang batuan dan gunung berapi,” ujar Brillian, lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) Jurusan Geofisika yang saat ini bekerja di salah satu perusahaan pertambangan di Kalimantan.

“Tapi juga mempelajari proses yang membentuk bumi, sumber daya alam, dan bagaimana air dan ekosistem saling terhubung,” ujarnya.

Baca Juga Artikel:  Setelah Sinode Keuskupan Sibolga, Tim Perangkum Hasil Sidang Berkumpul dan Menyusun RSPKS
Kegiatan siswa-siswi kelas VIII dalam rangka pengenalan tentang Geosains untuk menambah nilai-nilai Cc5 Plus.

Ia menjelaskan bahwa Geosains merupakan bidang ilmu yang menjanjikan dengan banyak peluang karier, terutama di industri pertambangan, minyak dan gas, energi panas bumi, konstruksi, dan mitigasi bencana alam.

“Di industri pertambangan, Geosaintis berperan penting dalam menghitung sumber daya alam, mencari sumber minyak dan gas, dan menganalisis energi panas bumi,” jelas Brillian. “Mereka juga berkontribusi dalam konstruksi dan infrastruktur serta mitigasi bencana alam,” katanya.

Brillian juga menyampaikan pentingnya pengembangan karakter dalam mempelajari Geosains. “Kejujuran, kedisiplinan, keingintahuan yang tinggi, berpikir kritis, percaya diri, kedewasaan emosi, dan kekuatan fisik dan mental sangat dibutuhkan dalam bidang ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa nilai-nilai Cc5 Plus yang ditanamkan di Tarakanita, seperti Compassion, celebration, competence, conviction, creativity, community, KPKC, Kedisiplinan, dan Kejujuran, merupakan modal yang baik untuk mempelajari Geosains.

Baca Juga Artikel:  Topik Hangat pada Sinode Vatikan 2024: Diakonat Perempuan Tidak Menyelesaikan Masalah

Menjawab pertanyaan siswa tentang prospek industri pertambangan dalam menghadapi net zero emission, Brillian menjelaskan tentang strategi untuk memperkecil gas rumah kaca, seperti penggunaan energi baru dan terbarukan serta teknologi penangkapan karbon.

Kegiatan guru tamu ini sangat dinamis dan mendapat antusiasme yang tinggi dari siswa-siswi. Banyak yang penasaran dengan bidang Geosains dan bertanya kepada Brillian.

“Geosains bisa menjadi salah satu referensi bagi siswa-siswi untuk menyiapkan studi ke depannya,” kata Wakil Kepala Sekolah, Agatha Gorenti Kismiyati, yang turut mendampingi dalam acara tersebut.

Acara ini diharapkan dapat membuka wawasan siswa-siswi SMP Tarakanita Citra Raya tentang Geosains dan peluang karier di bidang tersebut, serta menginspirasi mereka untuk terus mengembangkan diri dan berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga Artikel:  MAJALAH HIDUP EDISI TERBARU, No. 43 TAHUN 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles