web page hit counter
Jumat, 11 Oktober 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

SINODE VATIKAN 2024: Tahbisan Perempuan Dinyatakan Tidak Sah

5/5 - (2 votes)

HIDUPKATOLIK.COM – Isu mengenai usulan diperbolehkannya perempuan untuk dapat ditahbiskan telah menjadi topik hangat dalam Sinode kali ini yang berlangsung di Vatikan selama Oktober 2024. Banyak pihak mengusulkan agar Gereja Katolik membuka diri untuk memberi kesempatan bagi perempuan untuk dapat ditahbiskan sebagai diakon dan imam.

Peran perempuan dalam Gereja Katolik masih menjadi topik penting dalam Sinode Sedunia di Vatikan, menurut Kardinal Oswald Gracias asal India.

Sementara itu, sebuah perkumpulan perempuan mengumumkan rencana untuk mengadakan pentahbisan perempuan yang tidak sah di sela-sela sinode tersebut. Gracias, yang menjabat sebagai Uskup Agung Mumbai, menjelaskan lebih lanjut dalam konferensi pers pada Senin di sela-sela sinode bahwa isu ini juga dibahas dalam tiga pertemuan terakhir Dewan Kardinal K9 bersama Paus Fransiskus. “Paus mulai menunjukkan ketertarikan pada topik ini,” kata Kardinal Gracias, yang telah sepuluh tahun menjadi bagian dari kelompok penasihat tertinggi Paus.

Baca Juga Artikel:  70 Tahun Yayasan Pangudi Luhur: Pertegas Penguatan Peran Awam

Gracias juga menambahkan bahwa kelompok ahli yang dibentuk oleh Paus untuk menangani isu ini belum menghasilkan kesimpulan yang jelas. Hal ini juga berlaku untuk kelompok studi terbaru yang dipimpin oleh Perfek Dikasteri Ajaran Iman, Victor Fernandez.

“Isu Perempuan” Penting bagi Banyak Orang

Ketua Persatuan Umum Pemimpin Religius Wanita (UISG), Suster Mary Teresa Barron dari Irlandia, juga melaporkan adanya ketertarikan yang berkelanjutan terhadap “isu perempuan”.

Sebelum sinode dimulai, banyak pria dan wanita menyatakan kepadanya betapa pentingnya mereka memandang isu ini. Dalam proses pengambilan keputusannya sendiri, Suster Barron mengaku telah banyak belajar.

Ia menyebutkan bahwa ada perempuan yang merasa terpanggil untuk menduduki jabatan pentahbisan, namun masih harus dipastikan apakah ini memang kehendak Roh Kudus bagi Gereja saat ini. UISG mewakili sekitar 1.900 pemimpin komunitas religius perempuan di seluruh dunia.

Baca Juga Artikel:  Renungan Harian 11 Oktober 2024 “Berpikir Positif"

Penekanan pada Topik Lain

Ketua Dewan Konferensi Waligereja Eropa, Uskup Agung Gintaras Grusas dari Lituania, menekankan bahwa meskipun peran perempuan dalam Gereja penting, tantangan besar lainnya tidak boleh diabaikan.

“Terkait peran kaum awam, ada risiko untuk terlalu terfokus pada satu isu saja. Banyak topik yang perlu dibahas. Peran perempuan memang penting, tetapi kita juga harus memastikan agar tidak mengabaikan banyak topik penting lainnya terkait karisma dan jabatan,” katanya menurut Vatican News.

Sudah Ada Ekskomunikasi

Sementara itu, Asosiasi Internasional Imam Katolik Perempuan (ARCWP) mengumumkan rencananya untuk melaksanakan pentahbisan perempuan lebih lanjut pada 17 Oktober, di sela-sela sinode. Setelah beberapa pentahbisan tak sah seperti ini, sejumlah anggota organisasi tersebut telah dipecat dari Gereja Katolik.

Baca Juga Artikel:  Mengapa Bapa Suci Menambah Kardinal Baru untuk Indonesia: Ada Dua Kardinal Elektor

Sejak 2021, para uskup Katolik, teolog dan awam telah berdiskusi dalam proses Sinode Sedunia tentang reformasi mendasar Gereja. Kini, Sinode Sedunia sedang berlangsung di Roma. Sinode Para Uskup ini mengadakan sidang umum di Vatikan selama hampir empat minggu, dimulai secara resmi pada 2 Oktober dan akan berakhir pada 27 Oktober dengan misa meriah di Vatikan.

Bene Xavier dari Wina Austria

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles