web page hit counter
Senin, 30 September 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Dekatkan Relasi Anak dan Orang Tua Melalui Ajang Kreatifitas dan Open House

Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – Relasi antara orangtua dan anak sangat penting untuk membangun kepercayaan seorang anak.  Orang tua merupakan tempat ternyaman anak. Selain itu, hubungan antara orangtua dan anak yang hangat, terbuka, dan komunikatif akan meningkatkan rasa percaya diri dan juga performa di sekolah maupun lingkungan Masyarakat serta anak akan lebih terhindar dari hal-hal negatif.  Tantangan orang tua di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 adalah penggunaan gadget dan internet yang dekat dengan anak serta pengaruh sosial media yang besar terhadap anak.

SD Santo Yosef Tarakanita Surabaya menjawab tantangan tersebut dengan mengadakan Ajang Kreatifitas TK dan Open House dengan tema Kuraih Mimpiku. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 21/9/2024, di Kompleks SD Santo Yosef Tarakanita Jalan Joyoboyo No. 19 Surabaya, Jawa Timur.

Sebanyak 166 peserta TK Se-Surabaya dan Sidoarjo bersama orang tua mengikuti Lomba Mewarnai dan Fun Games. Salah satu tujuan lomba bersama orang tua adalah saat berinteraksi itulah maka anak akan belajar banyak hal diantaranya keterampilan sosial, komunikasi hingga nilai-nilai kehidupan dari orang tua dan lingkungan sekitarnya sehingga dapat menumbuhkan kedekatan dan kepercayaan diri. Ikatan emosional semacam ini juga dapat mendukung perkembangan anak secara optimal.

“Lomba antar-TK 2024 kali ini berbeda dari tahun ketahun. Lomba tahun ini bersifat kekinian yaitu lomba mewarnai dan fun games bersama orang tua untuk mempererat bonding antara orang tua dan anak. Selain itu, ada seminar parenting utk menambah wawasan orangtua peserta TK tentang kiat-kiat mengetahui bakat minat siswa di usia dini”, jelas Viviet Titis selaku ketua panitia.

Fun Games dalam Acara Ajang Kreatifitas dan Open House SD Santo Yosef Tarakanita Surabaya, Jawa Timur.

Acara ini juga merupakan ajang promosi dan untuk semakin mengenalkan SD Santo Yosef Tarakanita Surabaya kepada masyarakat luas, Surabaya dan Sidoarjo.

Pada kesempatan ini ditampilkan kebolehan siswa-siswi yang mengikuti ekstrakurikuler yaitu paduan suara, story telling, musik band, alat musik kulintang, karate, dan juga pameran hasil karya siswa seperti lukisan, kolase, anyaman, dan lain-lain.

Diselenggarakan juga Seminar Parenting bersama Yessica Dewi, seorang psikolog major klinis anak dan remaja. Ia fokus pada perkembangan anak berkebutuhan khusus, perkembangan dan pendidikan anak, kesehatan mental anak dan remaja.

Seminar bertema Menggali Potensi, Bakat, Minat Anak Usia Dini. Para walimurid TK antusias mengikuti seminar dan mengikuti sesi tanya jawab yang juga menarik.

Seminar ini diharapkan mampu memberikan ilmu pengasuhan yang baik untuk diterapkan pada anak-anak terutama dalam menggali potensi, bakat dan minat anak usia dini.

Yessica juga memberikan ide kegiatan dan aktivitas anak bersama orang tua yang bisa dilakukan di rumah sehingga bonding anak dan orang tua semakin erat.

“Open house berjalan dengan baik dan lancar, peserta lomba TK beserta orang tua antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir acara. Itu semua berkat kekompakan dan kerja sama yang baik antara panitia dan dibantu ortu Forum Komunikasi dan Kerjasama Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Semoga dengan acara ini , orang tua TK tidak bingung lagi menentukan sekolah dasar untuk putra-putrinya, karena SD Santo Yosef menjawab semua keinginan dari orang tua,” ujar Antonius Gunarto selaku Kepala SD Santo Yosef Tarakanita Surabaya mengakhiri wawancara.

Laporan Ratih June

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles