web page hit counter
Selasa, 24 September 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Renungan Harian 24 September 2024 “Mendengar dan Melaksanakan”

Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – Hari biasa pekan XXV. Ams 21:1-6.10-13; Mzm.119:1.27.30.35.44; Luk 8:19-21

JACKIE Chan seorang aktor laga terkenal asal Hong Kong pernah berkata, “Keluarga bukan tentang darah yang kau bawa, tetapi ketika kamu berada di tempat di mana kamu dicintai, dihargai dan saling menghormati.” Dalam Injil hari ini, Tuhan memberi tempat istimewa kepada mereka yang mendengar dan melaksanakan Sabda Tuhan dan mengakui mereka sebagai keluarga inti.

Tuhan menegaskan betapa pentingnya mendengar Firman Allah. Sebab, mendengar menjadi hal yang esensial dalam sebuah relasi. Saat seseorang bersedia mendengar ia telah menginvestasikan banyak hal dan pada gilirannya akan melaksanakan hal-hal yang telah didengarkan.

Bapa Suci Fransiskus saat Misa bersama umat Katolik di Gelora Bung Karno menekankan dua hal penting dalam homilinya. Beliau mengatakan, “Cinta yang nyata bersumber dari mendengarkan Sabda Tuhan dan melakukannya. Perjumpaan dengan Yesus mengundang kita untuk menghidupi dua sikap mendasar yang memampukan kita untuk menjadi murid-murid-Nya yakni mendengarkan sabda dan menghidupi sabda.”

Melalui sabda-Nya hari ini, Yesus mengajarkan bahwa setiap orang yang melakukan kehendak Bapa-Nya adalah anggota keluarga Yesus dalam Kerajaan Allah. Tokoh panutan kita dalam hal mendengar dan melaksanakan Sabda Allah adalah Bunda Maria. Ketaatan Bunda Maria mendengar dan melaksanakan kehendak Bapa telah menyatukannya dengan Yesus melebihi ikatan darah.

Sr. Grasiana, PRR Doktor Teologi Biblis Pontifi cio Universitas St. Tomas Aquinas Angelicum Roma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles