web page hit counter
Sabtu, 21 September 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Lantik Pengurus LP3KD Riau, Sekda Riau SF Hariyanto Serukan Harmoni dalam Keberagaman

Rate this post

Lantik Pengurus LP3KD Riau, Sekda Riau SF Hariyanto Serukan Harmoni dalam Keberagaman

Pengurus LP3KD Provinsi Riau sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk membina dan mengembangkan pesta paduan suara gerejawi Katolik resmi dilantik pada Kamis (19/9/2024) di Cititel Hotel Pekanbaru.

Pelantikan langsung dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, S.F Hariyanto dengan membacakan SK Gubernur Riau.

Usai proses pelantikan, Ia menyampaikan selamat bertugas kepada para pengurus dan berharap mampu berkontribusi terhadap Bumi Lancang Kuning.

“Dengan dilantiknya pengurus LP3KD Riau, ini menandakan keberagaman dan toleransi tumbuh dengan baik di Bumi Melayu. Kehadiran LP3KD Riau tentu memberikan warna bagi kemajemukan masyarakat kita,” ujarnya.

Hariyanto turut meminta LP3KD untuk turu membangun moderasi keagamaan di Riau.

Ia ingin perbedaan agama tidak merusak harmoni yang telah ada.

“Kita cari persamaan dan bukan pertajam perbedaan. Agar bisa wujudkan Provinsi Riau yang bermarwah, maju, dan sejahtera,” ajaknya.

Sementara Pembimas Katolik Kemenag Kanwil Riau, menuturkan proficiat atas pelantikan pengurus baru LP3KD Riau. “Semoga ke depan bisa melahirkan program-program yang bisa memberdayakan umat,” katanya.

Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Riau terpilih, Monang Eliezer Pasaribu. Politisi Partai Demokrat itu juga ditunjuk sebagai penasehat LP3KD Riau.

Ia mengucapkan selamat atas pelantikan semoga ke depan menghasilkan program-program yang mampu mewadahi kreativitas umat Katolik di Riau.

“LP3KD Riau ini merupakan lembaga yang lahir berdasarkan Peraturan Menteri Agama yang kemudian SK nya dari Gubernur. Dengan demikian, segala kegiatan yang dilakukan oleh LP3KD itu akan dibebankan ke APBD Riau,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Monang menekankan perhatian pemerintah daerah atas LP3KD Riau yang selama ini dinilainya masih kurang.

“Kita berharap kepada Ketua terpilih agar mampu menjalin komunikasi yang baik dan efektif dengan Gubernur agar ke depannya anggaran pemerintah dapat menyentuh lembaga yang kita cintai ini,” tuntasnya.

Sementara Ketua LP3KD Riau terpilih Pandapotan Sitanggang dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Bahwa tugas-tugas organisasi, katanya melanjutkan, sudah menanti. “Oleh karena itu, mari segera merapatkan barisan dan memperkuat solidaritas. Pelantikan hari ini mari kita jadikan sebagai energi baru bagi kita dalam menjalankan tugas pelayanan untuk hari yang akan datang,” tegasnya.

Agenda terdekat, Pandapotan menguraikan akan mengunjungi daerah-daerah yang sudah  atau belum terbentuk LP3KD.

“Kita akan memperkuat kolaborasi ke depannya dengan memberikan atensi terhadap pengurus-pengurus di daerah. Lalu, untuk daerah yang belum kita akan melakukan penjajakan. Agar ke depannya, lembaga ini bisa besar dan menjadi wadah pengembangan diri bagi umat Katolik di Riau,” tuntasnya.

Pelantikan pengurus diakhiri dengan berkat perutusan dari Vikep Kevikepan Santo Paulus Riau, RD Emilius Sakoikoi.

“Dengan berkat yang diterima, semoga pengurus baru mampu menjalankan kerja-kerja organisasi secara maksimal ke depannya,” harap Dia.

Adapun pelantikan ini dihadiri sejumlah tamu undangan dari berbagai pihak. Seperti perwakilan Polda Riau, kemudian organisasi Katolik seperti Pemuda Katolik, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) hingga ormas keagamaan lainnya seperti Pemuda Muhammadiyah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles