web page hit counter
Jumat, 20 September 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Renungan Harian 31 Agustus 2024 “Tidak Menunda”

5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.COM1Kor.1:26-31; Mzm.33:12-13.18-19.20-21; Mat.25:14-30

PERUMPAMAAN tentang talenta merupakan perumpamaan yang paling panjang dalam Injil Matius. Perumpamaan ini berisi pengajaran tentang Kerajaan Surga dan relasi antar manusia sebagai warga Kerajaan dengan sang raja yakni Allah sendiri. Setiap manusia diberi talenta untuk dikembangkan dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Allah memberikan besaran jumlah talenta menurut kesanggupan masing- masing. Ia tidak memaksakan yang tidak mampu atau tidak kuat dan Ia tidak memberi keringanan atau kelonggaran.

Sikap penerima lima talenta adalah tidak menunda-nunda waktu untuk melaksanakan tugas mengembangkan talenta. Juga tidak merasa lebih penting atau lebih disayang karena menerima lebih, ia menjalankan sebagaimana diinginkan tuannya. Demikianpun penerima dua talenta tidak merasa iri karena terima kurang dari yang pertama. Sedangkan sikap penerima satu talenta tidak mengembangkan talentanya malah menyembunyikannya karena malas dan jahat. Ia justru menuduh tuannya sebagai manusia yang kejam dan tidak adil. Selain itu, ia merasa iri terhadap hamba pertama dan kedua.

Bacaan suci hari ini mengajak kita menjadi pribadi yang baik dan setia, yang dapat dipercaya dan melaksanakan apa yang dipercayakan dengan tanggung jawab. Sebab setiap orang diberi talenta sesuai kesanggupan masing-masing.

Sr. Grasiana, PRR

Doktor Teologi Biblis dari Pontificio Univeritas St. Thomas Aquinas Angelicum, Roma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles