web page hit counter
Kamis, 19 September 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Komitmen dan Langkah Kecil Sekolah Tarakanita 3, Sekolah Sahabat Lingkungan

Rate this post

HIDUPKATOLIK.COMKesadaran pentingnya menjaga lingkungan dan alam menjadi perhatian bagi seluruh warga sekolah di Sekolah Tarakanita 3 Jakarta. Peserta didik dari jenjang KB-TK, SD hingga SMP kelas IX diberikan penyadaran akan pentingnya menjaga alam melalui pembiasaan-pembiasaan peduli lingkungan.

Mengapa harus menjaga alam? Hal ini dikarenakan wujud nyata dari salah satu nilai karakter yang ditanamkan oleh Yayasan Tarakanita yaitu Keadilan Perdamaian Keutuhan Ciptaan (KPKC) dimana kita selalu diingatkan bahwa pentingnya saling menghargai dan menjaga antar sesama makhluk dan tidak hanya manusia saja, tumbuhan dan hewan juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki hak hidup yang sama dengan manusia.

Ekosistem antara manusia dan alam yang seimbang menjadi faktor penting keberlanjutan hidup. Peserta didik terlebih dahulu diajak melakukan pembiasaan-pembiasaan cinta lingkungan dari hal-hal yang kecil seperti pembiasaan menyiram tanaman, memilah sampah, mengurangi pemakaian kemasan plastik sekali pakai, dimana kegiatan-kegiatan tersebut walaupun terkesan hal biasa namun jika menjadi sebuah ‘habit’ di dalam kehidupan sehari-hari, tentunya dapat menjadi sebuah gerakan peduli lingkungan yang dapat dirasakan dan menjadi contoh panutan bagi orang sekitar di masyarakat.

Peserta didik diajak melihat perbedaan antara alam yang indah dan alam yang rusak. Perbedaan kondisi alam yang kontras ini menjadi dasar peserta didik dapat melangkah untuk mengupayakan alam yang indah. Alam yang lestari memiliki segudang manfaat baik bagi penghuni alam itu sendiri maupun manusia.

Selain pembiasaan sehari-hari, integrasi lingkungan hidup dengan mata pelajaran juga dilakukan di Sekolah Tarakanita 3. Tidak jarang pembelajaran di KB-TK, SD, SMP Tarakanita 3 menggunakan lingkungan alam sekitar sebagai media ajar, sumber belajar dan juga target dalam proses pembelajaran.

Suasana lingkungan Sekolah Tarakanita 3 juga didesain dengan lingkungan yang rindang dan banyak area hijau yang dapat digunakan sebagai area berkegiatan, baik untuk kegiatan belajar mengajar ataupun sekadar melepas penat bagi warga sekolah saat istirahat.

Fasiltas kebun sekolah yang dirancang untuk pembibitan dan ditambah dengan area kandang hewan sebagai salah satu fasilitas tambahan untuk mendukung pembelajaran luar ruangan juga membuat para peserta didik merasa nyaman dan lebih merasa dekat dengan kehidupan alam, baik tumbuhan dan hewan-hewan.

Pemahaman akan kepedulian lingkungan juga dilakukan kepada para orang tua peserta didik, kepada para partner kerja di lingkup Sekolah Tarakanita 3 dan pihak eksternal lainnya, Melalui pertemuan orang tua murid di setiap awal tahun ajaran, pemasangan rambu-rambu dan aturan jelas untuk kebiasaan peduli lingkungan di area sekolah seperti penggunaan plastik juga selalu diingatkan di setiap kesempatan yang ada di dalam kegiatan-kegiatan sekolah.

Melalui kombinasi antara kegiatan pembiasaan-pembiasaan KPKC, kegiatan pembelajaran, baik secara kurikulum di dalam kelas maupun kegiatan kesiswaan di luar sekolah dan dengan dukungan fasilitas yang dirancang sedikit banyak sudah diarahkan ke penyadaran terhadap lingkungan hidup, serta dukungan dari seluruh warga sekolah, maka diharapkan menjadi sekolah yang konsisten dalam gerakan peduli terhadap lingkungan. Oleh karena itu, Sekolah Tarakanita 3 di tahun 2023 Sekolah Tarakanita 3 mencanangkan diri sebagai “Sekolah Sahabat Lingkungan” sebagai nilai khas yang ada di lingkungan Sekolah Tarakanita 3.

Semoga komitmen dan langkah kecil dari Sekolah Tarakanita 3 menjadi sahabat lingkungan ini menjadi contoh penggerak untuk masyarakat agar lebih peduli terhadap keberlangsungan alam sekitar untuk masa yang akan datang yang menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles