web page hit counter
Jumat, 18 Oktober 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Kerja Sama dengan Sogang University Seoul, South Korea, Universitas Sanata Dharma Lepas Mahasiwa untuk KKN

Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – Di Auditorium Driyarkara Kampus II Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, diselenggarakan acara Penerjunan Mahasiswa KKN Angkatan 68 Periode Semester Genap 2023/2024 pada tanggal 26 Juni 2024. KKN periode ini mengambil tema “Bersinergi Bersama Masyarakat Membangun Negeri”.

Selama sebulan kedepan, sejumlah 1585 mahasiswa USD akan tinggal dan mengabdi di tengah masyarakat lewat program-program kerja yang sudah mereka tetapkan.

Mereka terbagi dalam 177 kelompok yang tersebar di berbagai padukuhan di Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Temanggung.

Pada tahun ini, ada juga sebanyak 15 mahasiswa menjalani KKN di berbagai paroki di wilayah Keuskupan Ketapang, Kalimantan Barat dan 14 mahasiswa menjalani KKN Non Reguler di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma.

Baca Juga Artikel:  Buka Sinode Ketiga, Uskup Sibolga, Mgr. Fransiskus Sinaga Ajak Umat Menjadi Pribadi yang Utuh

KKN kali ini juga diikuti oleh mahasiswa dari Sogang University Seoul, South Korea. Program ini dalam rangka kerja sama yang telah terjalin antara USD dengan Sogang University selama 10 tahun.

Bertepatan dengan 10 tahun kerja sama ini, mereka  memuncaki perayaan syukur kerja sama itu dengan mengirimkan 10 orang mahasiswa jurusan Business Administration Sogang University untuk mengikuti KKN yang diselenggarakan oleh USD.

Proses KKN ini terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama berupa observasi oleh mahasiswa di setiap padukuhan.Tahap kedua adalah pelaksanaan kegiatan KKN dalam bentuk live in bersama masyarakat di padukuhan yang sedang ditentukan untuk menjalankan program kerja mereka. Program kerja yang dibuat berbasis penyelesaian masalah dan pemberdayaan potensi masyarakat desa setempat.

Baca Juga Artikel:  Sinode III Keuskupan Sibolga: Bersama-sama Menemukan Kehendak Allah
Suasana upacara penerjunan di Auditorium Driyarkara Kampus II Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta,

Rektor USD, Pastor Albertus Bagus Laksana, SJ mengatakan, KKN ini sungguh istimewa karena didukung banyak pihak. “Lebih istimewa lagi karena di antara kita bergabung 10 mahasiswa dari Sogang University Korea Selatan. Mereka akan terlibat menikmati dinamika ini. Mereka disebar di berbagai padukuhan di Gunung Kidul untuk merasakan pengalaman yang baru dan berbeda, berada di tengah masyarakat pedesaan. Kita menjadi satu jiwa dan raga untuk bersama-sama mempunyai energi positif dalam membangun bangsa ini mulai dari hal yang sederhana. Kita semua membawa nama diri kita masing-masing dan juga nama institusi, nuansa kita bisa dikatakan nuansa internasional, merangkul dunia. Akan tetapi jangan sampai lupa kita harus berakar dalam lokalitas, di tengah konteks masyarakat.saya mengucapkan selamat menjalani KKN bagi para mahasiswa, berangkatlah menuju tempat KKN dengan hati yang terbuka, alamilah semua yang ada disana, kerjakanlah yang telah kalian rencanakan tetapi terbukalah pada tantangan yang ada dan tanggapilah setiap tantangan itu dengan kegembiraan, sikap penuh kolaborasi dengan teman-teman dan masyarakat yang kita jumpai. Pasti pengalamannya akan mengesan sampai akhir nanti.”

Baca Juga Artikel:  Renungan Harian 17 Oktober 2024 “Hukum Yang Membebaskan"

Laporan Johanes Maximillien Adhi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles