web page hit counter
Sabtu, 21 September 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Paus Tandaskan Teologi Harus Menafsirkan Injil untuk Dunia Saat Ini

Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – Dalam Motu Proprio yang baru, “Ad theologiam promovendam”, Paus Fransiskus memperbarui Statuta Akademi Teologi Kepausan, dengan menyerukan “revolusi kebudayaan yang berani” dan komitmen terhadap dialog dalam terang Wahyu.

Gereja yang “sinodal, misioner, dan maju” membutuhkan teologi yang “maju” juga.

Itulah pemikiran di balik Motu Proprio Ad theologiam promovendam yang baru dari Paus Fransiskus, tertanggal 1 November 2023, yang memperbarui statuta Akademi Teologi Kepausan.

Didirikan secara kanonik oleh Klemens XI pada tanggal 23 April 1718, dengan laporan singkat Inscrutabili, Akademi ini bertujuan “menempatkan teologi untuk melayani Gereja dan dunia”. Organisasi ini telah berkembang selama bertahun-tahun menjadi “sekelompok cendekiawan yang dipanggil untuk menyelidiki dan memperdalam tema-tema teologis yang memiliki relevansi tertentu”.

Kini, bagi Bapa Suci, inilah waktunya untuk merevisi norma-norma yang mengatur aktivitasnya agar “lebih sesuai dengan misi yang dibebankan pada teologi di zaman kita”.

Membuka diri terhadap dunia dan umat manusia, “dengan permasalahannya, luka-lukanya, tantangannya, potensinya”, refleksi teologis harus memberi ruang bagi “pemikiran ulang epistemologis dan metodologis”, dan oleh karena itu disebut sebagai “revolusi kebudayaan yang berani”.

Apa yang diperlukan adalah “teologi kontekstual yang mendasar,” tulis Paus, “yang mampu membaca dan menafsirkan Injil dalam kondisi di mana pria dan wanita hidup sehari-hari, dalam lingkungan geografis, sosial, dan budaya yang berbeda”.

Dialog dengan berbagai tradisi dan disiplin ilmu

Teologi harus “berkembang dalam budaya dialog dan perjumpaan antara tradisi dan disiplin ilmu yang berbeda, antara denominasi Kristen yang berbeda dan agama yang berbeda,” kata Surat Apostolik.

Mereka harus terlibat “secara terbuka dengan semua orang, baik yang beriman maupun yang tidak beriman”.

“Ini adalah pendekatan transdisipliner,” Paus Fransiskus menjelaskan. Konstitusi Apostolik Veritatis Gaudium menjelaskan bahwa ini berarti “menempatkan dan menstimulasi semua disiplin ilmu dengan latar belakang Cahaya dan Kehidupan yang ditawarkan oleh Kebijaksanaan yang mengalir dari Wahyu Tuhan.”

Oleh karena itu, teologi harus “memanfaatkan kategori-kategori baru yang dikembangkan oleh bentuk-bentuk pengetahuan lain, untuk menembus dan mengkomunikasikan kebenaran iman dan menyebarkan ajaran Yesus dalam bahasa-bahasa masa kini, dengan orisinalitas dan kesadaran kritis”.

Sebuah “cap pastoral”

Lalu ada kontribusi yang dapat diberikan oleh teologi “terhadap perdebatan yang ada saat ini tentang ‘memikirkan kembali pemikiran’, yang menunjukkan dirinya, sebagai suatu disiplin kebijaksanaan, sebagai disiplin kritis yang sejati.”

Teologi adalah suatu disiplin ilmu yang tidak boleh bersifat “abstrak dan ideologis, melainkan spiritual,” tegas Paus Fransiskus, “yang dikerjakan dengan berlutut, mengandung adorasi dan doa; suatu disiplin yang transenden dan, pada saat yang sama, memperhatikan suara rakyat.”

Ini adalah sebuah “teologi populer” yang Paus Fransiskus serukan, “dengan penuh belas kasih ditujukan kepada luka-luka terbuka umat manusia dan ciptaan dan dalam sejarah manusia, yang kepadanya teologi ini menubuatkan harapan akan pemenuhan akhir.”

Dalam praktiknya, bagi Fransiskus, teologi, secara keseluruhan, harus mempunyai “cap pastoral”, dan oleh karena itu refleksi teologis harus dimulai “dari berbagai konteks dan situasi konkrit yang berbeda di mana masyarakat berada” dan menempatkan dirinya “untuk melayani evangelisasi.”

Staglianò: misi baru untuk teologi

Ini adalah misi baru, kata presiden Akademi Teologi Kepausan, Monsinyur Antonio Staglianò.

Misinya adalah “mempromosikan keterlibatan dan dialog dalam setiap bidang pengetahuan, untuk menjangkau dan melibatkan seluruh umat Tuhan dalam penelitian teologis, sehingga kehidupan umat dapat menjadi kehidupan teologis.” **

Tiziana Campisi (Vatican News)/Frans de Sales

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles