web page hit counter
Kamis, 17 Oktober 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Paus Berharap Agama Memupuk Dialog, Harmoni, dan Harapan

Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – Memimpin acara ekumenis dan antaragama di Mongolia, Paus Fransiskus menegaskan bahwa agama memiliki tanggung jawab yang besar, dan mendorong para pemimpin agama untuk mengupayakan dialog dan keharmonisan sambil menghindari skandal.

Minggu (3/9), Paus Fransiskus memimpin acara ekumenis dan antaragama di Teater Hun yang ikonik di Mongolia, di ibu kota negara Ulaanbaatar, yang dihadiri oleh perwakilan dari agama Shinto, Buddha, Islam, Yudaisme, Hinduisme, Shamanisme, dan agama Kristen lainnya.

Para tokoh agama Mongolia menyalami Paus.

Pengamat pemerintah dan perwakilan universitas juga hadir pada pertemuan yang mempromosikan hidup berdampingan secara damai, yang merupakan puncak dari kunjungan Paus ke Mongolia dari tanggal 31 Agustus hingga 4 September.

Kunjungan ini menandai Perjalanan Apostolik Bapa Suci ke-43 dan negara ke-61 yang dikunjunginya sejak awal masa kepausannya. Meskipun Paus Santo Yohanes Paulus II ingin sekali mengunjungi negara tersebut, namun ia tidak dapat melakukannya, menjadikan Paus Fransiskus sebagai Paus pertama yang mengunjungi Mongolia.

Ia mengunjungi negara Asia yang berbatasan dengan Rusia dan Tiongkok untuk menunjukkan kedekatannya dengan sekitar 1.500 umat Katolik di negara tersebut, yang 90 persen di antaranya tinggal di ibu kota negara tersebut. Namun, kunjungan ini, seperti kunjungan lainnya yang telah dilakukan sejak akhir Februari 2022, dilakukan dengan latar belakang perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

Pada acara antaragama dan ekumenis ini, pesan Bapa Suci menegaskan bahwa harapan adalah mungkin dan bahwa keharmonisan antaragama mempunyai kekuatan untuk menghasilkan buah yang besar. Ia juga memperingatkan distorsi agama, yang dapat menyebabkan skandal, kekerasan, atau penindasan.

Baca Juga Artikel:  Manyambut Hari Pangan Sedunia, Kardinal Suharyo: Menghargai Pangan Lokal, Memartabatkan Petani dan Nelayan

Warisan kebijaksanaan

Secara khusus, Paus memuji warisan kebijaksanaan Mongolia yang diciptakan oleh berbagai agama, dan menyatakan bahwa ia akan “membatasi dirinya sendiri” untuk mengeksplorasi sepuluh aspek.

Para tokoh agama berfoto bersama Paus (keenam dari kanan) di “Teater Hun”, Mongolia.

Paus pertama-tama mengingatkan “hubungan yang sehat dengan tradisi,” meskipun ada godaan konsumerisme, dan memuji rasa hormat mereka terhadap orang yang lebih tua dan leluhur, dengan menggarisbawahi “betapa besarnya saat ini kita membutuhkan perjanjian generasi antara tua dan muda!”

Paus Fransiskus memuji kepedulian Mongolia terhadap lingkungan, sebuah “kebutuhan yang besar dan mendesak”; nilai keheningan dan kehidupan batin, “sebagai penangkal spiritual terhadap begitu banyak penyakit di dunia saat ini”; “rasa berhemat yang sehat”; “nilai keramahtamahan”; “kemampuan untuk menolak keterikatan pada objek material”; “solidaritas yang lahir dari budaya ikatan antarpribadi”; dan, “menghormati kesederhanaan”.

Warisan ini, kata Paus, mempromosikan “pragmatisme eksistensial tertentu yang dengan gigih mengejar kebaikan individu dan komunitas,” seraya mengamati bahwa karakteristik ini memperkaya dunia.

Tanggung jawab besar pemeluk agama

Paus kemudian menggarisbawahi tanggung jawab besar para pengikut agama untuk mempromosikan perdamaian dan harmoni.

“Kemanusiaan yang berdamai dan sejahtera yang kita, sebagai penganut agama berbeda, ingin kembangkan,” katanya, dilambangkan dengan keharmonisan, kebersamaan dan keterbukaan terhadap yang transenden,” yang menurutnya, “mengilhami komitmen terhadap keadilan dan perdamaian,” didasarkan pada hubungan umat beragama dengan Tuhan.

Suasana Pertemuan Ekumenis dan Antaragama di “Teater Hun”.

“Dalam hal ini, saudara-saudari terkasih, kita mempunyai tanggung jawab yang besar, khususnya dalam periode sejarah ini, karena kita dipanggil untuk memberikan kesaksian terhadap ajaran-ajaran yang kita anut melalui cara kita bertindak; kita tidak boleh menentangnya dan dengan demikian menjadi penyebab skandal.”

Baca Juga Artikel:  Renungan Harian 17 Oktober 2024 “Hukum Yang Membebaskan"

“Kalau begitu, tidak boleh ada pencampuran,” tegas Paus, “keyakinan agama dan kekerasan, kekudusan dan penindasan, tradisi keagamaan dan sektarianisme.”

Bapa Suci mengungkapkan harapannya agar penderitaan di masa lalu, seperti yang beliau ingat secara khusus yang dialami komunitas Budha, “memberi kekuatan yang dibutuhkan untuk mengubah luka gelap menjadi sumber cahaya, kekerasan yang tidak masuk akal menjadi kebijaksanaan hidup, kejahatan yang menghancurkan menjadi kebaikan yang membangun.”

Semoga pengalaman-pengalaman ini, kata Paus Fransiskus, mendorong semua pengikut spiritualitas dan ajaran mereka masing-masing, untuk “selalu siap” untuk menawarkan “keindahan ajaran-ajaran itu kepada mereka yang kita jumpai setiap hari sebagai teman dan sahabat dalam perjalanan kita.”

Bapa Suci mengingatkan lembaga-lembaga keagamaan Mongolia akan peran penting mereka dalam memajukan kebaikan yang lebih besar.

“Karena dalam masyarakat pluralistik yang berkomitmen pada nilai-nilai demokrasi, seperti halnya Mongolia, setiap lembaga keagamaan, yang diakui oleh otoritas sipil, mempunyai kewajiban, dan yang terpenting berhak, untuk secara bebas mengekspresikan apa adanya dan apa yang diyakininya, dengan cara yang bebas menghormati hati nurani orang lain dan demi kebaikan semua orang.”

Pentingnya dialog dan rasa hormat

Paus meyakinkan orang-orang sebelum dia bahwa Gereja Katolik ingin mengikuti jalur kerja sama ini, karena sangat yakin akan pentingnya dialog ekumenis, antaragama dan budaya. “Imannya didasarkan pada dialog abadi antara Tuhan dan umat manusia yang menjadi manusia dalam pribadi Yesus Kristus,” katanya.

Baca Juga Artikel:  Renungan Harian 16 Oktober 2024 “Keadilan dan Kasih Allah"

Gereja, kenangnya, “menawarkan harta yang telah diterimanya kepada setiap orang dan budaya, dalam semangat keterbukaan dan dengan mempertimbangkan dengan hormat apa yang ditawarkan oleh tradisi agama lain.”

“Dialog, pada kenyataannya, tidak bertentangan dengan proklamasi: dialog tidak menutup-nutupi perbedaan, namun membantu kita untuk memahaminya, menjaga keunikannya dan mendiskusikannya secara terbuka demi saling memperkaya.

Dengan cara ini, kita dapat menemukan dalam kemanusiaan kita bersama, yang diberkati oleh surga, kunci perjalanan kita di bumi ini.

Harapan itu mungkin

Paus mengakui peran agama dalam meningkatkan martabat manusia, dan untuk melakukan hal tersebut, mereka melakukan perjalanan berdampingan satu sama lain.

“Saudara dan saudari, pertemuan kita bersama di sini hari ini adalah tanda bahwa harapan itu mungkin terjadi,” katanya.

“Di dunia yang dilanda konflik dan perselisihan, hal ini mungkin tampak utopis, namun upaya terbesarnya tersembunyi dan hampir tidak terlihat pada awalnya,” kata Paus.

Ia menyerukan dukungan doa timbal balik di antara para penganut agama, sehingga upaya bersama mereka untuk mendorong dialog dan membangun dunia yang lebih baik “tidak akan sia-sia.”

Dengan menaikkan doa kita bersama ke arah Surga, Paus Fransiskus mengajak, “Mari kita memupuk harapan.”

Semoga sikap ini, tutup Paus Fransiskus, “menjadi kesaksian yang sederhana dan kredibel terhadap religiusitas kita, perjalanan kita bersama dengan mata terangkat ke surga, kehidupan kita di dunia ini dalam harmoni, sebagaimana para peziarah terpanggil untuk menjaga suasana rumah yang terbuka bagi umat manusia.” **

Deborah Castellano Lubov (Vatican News)/Frans de Sales

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles