web page hit counter
Minggu, 22 September 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Renungan Harian 26 Agustus 2023 “Kata Sesuai Perbuatan”

5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.COM – Rut.2:1-3,8-11;4:13-17; Mzm.128:1-2,3,4,5; Mat.23:1-12

YESUS memberi catatan penting: “Ahli-ahli Taurat dan kaum Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu, turuti dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu tetapi janganlah kalian turuti perbuatan mereka karena mereka mengajarkan tetapi tidak melakukannya” (Mat. 23: 2-3). Pandai bicara, berteori tetapi kurang terampil melakukannya. Kata tidak berpadanan dengan perbuatan.

Diakui kedudukan dan pengetahuan Ahli Taurat dan kaum Farisi itu akan Hukum Taurat. Mereka punya posisi penting sebagai pemimpin dan mampu mengajarkan hal-hal keagamaan secara lancar. Terhadap pengajaran mereka itu baiklah para murid mendengar dan menyimak ajaran mereka. Tetapi secara tegas Yesus melarang para murid itu agar mereka tidak sekali-kali mengikuti gaya hidup mereka.

Kritikan Yesus bagi kaum Farisi dan Ahli Taurat cukup relevan untuk direnungkan. Munafik, itulah salah satu kata yang bisa dialamatkan kepada orang yang hanya tampaknya saleh dan seolah-olah beriman dalam agama, tetapi perilaku tidak seperti apa yang diimani. Beriman dan beragama hendaknya semakin membuat orang tulus dan jujur pada diri terlebih dihadapan Tuhan. Menjadi murid yang otentik berarti mampu menerjemahkan kata- kata dalam kehidupan nyata. Sabda harus dibuat menjadi daging atau tindakan.

Pastor Octavianus Situngkir, OFMCap Komisi Kateketik Keuskupan Agung Medan (KAM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles