web page hit counter
Minggu, 22 September 2024
spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Renungan Harian 24 Agustus 2023 “Mari dan Lihatlah”

5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.COM – Pesta St. Bartolomeus. Why.21:9b-14; Mzm.145:10-11, 12-13ab, 17-18;Yoh.1:45-51

HARI ini Gereja kudus merayakan pesta Santo Bartolemeus Rasul yang dalam Injil dikenal dengan nama Natanael. Filipus mengisahkan perjumpaannya dengan Yesus dari Nazaret, yang disebut oleh KitabTaurat dan para nabi. Tetapi Natanael mulanya agak cuek dan berkata: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazareth?” (Yoh. 1:46). Agak sepele mendengar Nazaret. Tetapi Filipus mengajak Natanael untuk berjumpa dengan Yesus, “Mari dan lihatlah” (Yoh.1:47).

Ketika berjumpa, Yesus berkata: “Lihat, inilah orang Israel sejati, tidak ada kepalsuan dalam dirinya!” (Yoh. 1:47). Yesus melihat kepolosan, kejujuran nurani dalam diri Natanael dengan perkataannya. Natanael merasa tergetar atas pengenalan Yesus pada dirinya, dan semakin terkejut ketika dikatakan: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara” (Yoh 1:48). Perjumpaan itu sungguh menggetarkan hati Bartolomeus sampai dia tersungkur dan mengakukan imannya: “Rabi, Engkaulah Anak Allah….” (Yoh. 1:49).

Lewat Injil hari ini kita boleh ber- menung sebagai wujud kemuridan yakni: belajar dari Filipus untuk mengajak yang lain dekat pada Tuhan, meneladani semangat Natanael bahwa mau diajak dan dituntun menjumpai Tuhan. Kini tugas kita sebagai umat beriman untuk menghidupi dan menjiwai semangat rasul itu, yaitu mau mengajak dan mendekatkan sesama kepada Tuhan.

Pastor Octavianus Situngkir, OFMCap Komisi Kateketik Keuskupan Agung Medan (KAM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular Articles